Pinang Merah Flora Khas Jambi Yang memiliki Khasiat

Tanaman Pinang Merah – Pinang Merah yang merupakan tanaman khas Jambi ini termasuk dalam jenis tanaman palem. Tanaman yang memiliki nama latin Areca vestiara memang lebih dikenal sebagai tanaman hias. Mungkin karena tanaman ini memiliki dahan yang rindang dan batang yang berwarna merah menyala. Pinang merah biasa tumbuh di tanah vulkanik yang memiliki drainase yang baik pada ketinggian antara 300 – 1200 meter di atas permukaan laut.

Pinang merah terdiri atas daun pinang yang berbentuk mentirip dengan panjang sekitar 80 m. Bunga yang terdapat dibawah pelepah daunberbentuk seperti mahkota saat mekar. Sementara buahnya berbentuk bulat dan lonjong , tumbuh secara bergerombol dengan jumlah sekitar 25 – 300 buah.

Manfaat dari pinang merah

Di daerah asalnya di Sulawesi Utara dan pulau – pulau di bagian utara maluku utara , pinang merah digunakan sebagai tanaman obat. Tanaman ini sangat berkhasiat untuk obat kencing manis, obat cacing untuk hewan ternak, antioksidan dan obat kontrasepsi bagi laki-laki.

Di dalam pinang merah terdapat ekstrak biji yang mengandung flavonoid, tannin, triter penoida, saponin dan hidrokuinon yang berkhasiat sebagai alat kontrasepsi laki-laki. Kandungan senyawa ini mampu menurunkan daya hidup sperma sehingga sperma tidak dapat mencapai sel telur dan pembuahan dapat dicegah.

Selain itu, pemberian ekstrak biji pinang merah juga dapat meningkatkan jumlah sperma, dimana terdapat dominasi sperma yang tidak memiliki ekor dan kepala. Bentuk yang tidak normal ini akan menyebabkan kesulitan dan kegagalan dalam pembuahan.

Efek kontasepsi sendiri bersifat reversibel sehingga bila laki-laki yang bersangkutan berkeinginan untuk mendapatkan keturunan lagi, maka pemakaian obat tradisional biji merah dapat di hentikan.

Walalupun mungkin masih harus dilakukan penelitian lanjutan mengenai dosis dan cara pengolahannya, tetapi pinang merah bisa menjadi alternatif kontrasepsi baru yang aman dan nyaman bagi laki-laki.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *