Flora Dengan Sebutan Super Fruit , Delima Merah

Buah Delima Merah – Buah Delima merah atau flora dengan nama latin Punica Granatum , memiliki julukan “Super Fruit” oleh peneliti ilmiah. Buah yang merupakan sumber dari asam ellagic , antioksidan , asam punicic , omega 5 asam lemak tak jenuh ganda yang sangat bermanfaat untuk regenerasi sel dan proliferasi. Selain itu delima merah juga merupakan sumber yang luar biasa dari vitamin A , C dan E dan mineral seperti kalsium , fosfor , potasium , zat besi , asam folat , niasin , thiamin , riboflavin dan folat.

Selain itu buah ini banyak digunakan untuk pengobatan pada akhir – akhir ini. Buah ini menyembuhkan penyakit seperti maag dan diare. Buah yang dikonsumsi sebagai jus jika digunakan sebagai obat ini mengandung aktioksidan seperti anthocyanin dan asam ellagic.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari buah delima untuk kesehatan , antara lain :

– Manfaat bagi jantung

jus buah delima merah memiliki dampak besar bagi kesehatan , terutama untuk kesehatan jantung , karena kandungan Punicalagin mampu menjaaga arteri tetap fleksibel dan mengurangi peradangan pada lapisan pembuluh darah. Hal ini diketahui untuk mengurangi aterosklerosis , yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung. Delima merah menurunkan risiko penyumbatan dalam arteri yang dapat menyebabkan terhambatnya aliran darah ke jantung dan otak.

– Menjaga kadar gula darah

Meskipun delima merah mengandung fruktosa , hal ini tidak meningkat tingkat gula darah seperti halnya buah pada umumnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa tidak ada peningkatan yang signifikan dalam tingkat gula darah pasien diabetes yang minum jus delima merah setiap hari selama 2 minggu.

– Menjaga tekanan darah

Delima Merah juga dikenal untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Juga mengurangi peradangan pembulu darah pada pasien penyakit jantung. Serta mampu menjaga darah dari proses koagulasi dan membentuk gumpalan darah.

– Perlindungan dari kanker

Delima merah mampu menghilangkan radikal bebas dari tubuh dan menghambat pertumbuhan dan perkembang sel kanker dan penyakit lainnya.

– Menenangkan perut

Delima merah digunakan dalam pengobatan diare dan disentri karena memainkan peranan penting dalam sekresi enzim yang membantu pencernaan.

– Meningkatkan kekebalan

Jus delima memiliki sifat anti bakteri dan anti mikroba yang kuat yang membantu melawan virus dan bakteri dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

– Meningkatkan kesehatan pencernaan

Manfaat delima merah selanjutnya yakni mampu membantu kelancaran fungsi lambung , jantung dan hati

– Membantu dalam regenerasi tulang rawan

Delima merah bertindak sebagai penghambat pada enzim yang bertanggung jawab untuk merusak tulang rawan.

– Manfaat awet muda

Diet tinggi jus buah delima dapat membantu untuk memperlambat proses penuaan dengan mengurangi keriput dan garis – garis halus pada wajah yang disebabkan oleh paparan konstan sinar matahari.

– Membantu untuk menyembuhkan bekas luka

Delima merah membantu dalam regenerasi sel – sel di lapisan epidermal dan derma kulit.

– Meningkatkan tekstur kulit

Delima merah juga dikenal untuk memperpanjang umur fibroblas yang bertanggung jawab untuk produksi kolagen dan elastin yang mengencangkan kulit dan mencegah pembetukan garis – garis halus dan kerutan.

– Mencegah Kanker Kulit

Delima merah mengandung anthocyanin dan tanin terhidrolisa yang memiliki fungsi sebagai antioksidan dan anti kanker. Bila diterapkan secara langsung pada kulit ,asam ellagic , antioksidan polifenol yang ditemukan dalam buah delima menghambat pertumbuhan kanker kulit.

-Mencegah rambut rontok

Minum jus delima secara teratur membantu memperkuat folikel rambut yang pada gilirannya mencegah rambut rontok , sehingga memberikan rambut penampilan yang sehat dan berkilau.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *