Buah Mangga Kasturi , Flora asal Kalimantan Selatan

Image result for mangga kasturi

Buah Mangga Kasturi – Salah satu jenis mangga khas Kalimantan adalah mangga kasturi. Buah ini tidak kalah dari buah yang ada di daerah lainnya karena punya manfaat dan khasiat tersendiri. Mangga kasturi merupakan sejenis buah mangga yang hanya ada dikawasan Banjarmasin , Kalimantan. Buah ini sudah sangat sulit untuk ditemukan. Selain karena banyak lahan yang dijadikan perumahan , masih kurangnya kegiatan budidaya untuk buah unik yang satu ini. Mangga kasturi memiliki warna kulit buah yang lebih gelap dengan rasa manis yang enak pada daging buahnya.

Tidak hanya buahnya saja yang unik, mangga kasturi merupakan buah yang memiliki banyak nutrisi untuk tubuh. Buah ini mengandung sukrosa, lemak. Protein, vitamin A, vitamin C, air, vitamin E dan zat besi. Maka tak heran jika rasanya yang enak diimbangi dengan khasiatnya yang dahsyat. Baik untuk kesehatan dan juga pengobatan, buah mangga kasturi akan membantu tubuh Anda melawan berbagai penyakit. Mari kita berdiskusi tentang manfaat dan khasiat mangga kasturi berikut ini.

Berikut ini merupakan manfaat dan khasiat mangga yang menjadi maskot flora dari Kalimantan selatan ini , antara lain :

-Pencengah Penyakit Kanker
Khasiat mangga kasturi yang pertama yaitu sebagai buah yang mampu untuk memberikan pertahanan lebih pada tubuh untuk penyakit kanker. Buah ini mengadung senyawa yang baik untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat kanker.

-Menjadi Makanan Sumber Energy
Manfaat mangga kasturi yang utama yaitu sebagai salah satu jenis buah yang berguna untuk dijadikan sumber energy. Mengonsumsi buah dengan banyak gizi didalamnya tentu akan membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat.

-Melindungi Saluran Pencernaan
Khasiat mangga kasturi selanjutnya yaitu melindungi saluran pencernaan Anda. Kandungan buah ini mampu menjadi makanan yang mengusir berbagai macam bakteri penyerang organ pencernaan, sehingga Anda bisa terbebas dari penyakit saluran pencernaan.

-Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Manfaat mangga kasturi untuk sistem kekebalan tubuh sangatlah bagus. Buah ini akan meningkatkan ketahanan tubuh. Hal ini mampu dilakukan karena kandungan vitamin C dalam buah ini lumayan banyak.

-Menyehatkan Mata
Khasiat mangga kasturi untuk mata adalah menyehatkannya. Hal tersebut sangat didukung oleh banyaknya vitamin A dalam buah ini. Mata yang sehat akan membuat penglihatan Anda lebih tajam dan juga lebih jelas.

-Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat
Manfaat mangga kasturi berikutnya yaitu sebagai makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Buah ini akan secara bertahap membantu tubuh Anda mengurangi jumlah kolesterol jahat agar Anda tidak mudah terserang penyakit kolesterol.

Meningkatkan Nafsu Makan
Untuk Anda yang merasa kurang dalam hal nafsu makan, Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi buah mangga kasturi terlebih dahulu. Buah ini akan membuat nafsu makan Anda bertambah agar tubuh Anda tidak kekurangan energy.

Aman Untuk Penderita Hipertensi
Penyakit hipertensi terkadang membuat penderitanya kesulitan untuk mengonsumsi makanan tertentu, namun hal ini tidak berlaku untuk mangga kasturi. Buah ini sangat aman untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi karena kandungannya tidak berbahaya untuk darah di dalam tubuh.

Anti Oksidan
Buah mangga kasturi sangat bisa diandalkan untuk dijadikan makanan anti oksidan. Buah ini akan mengusir berbagai efek radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh Anda sehingga mencegah penyakit kanker menyerang tubuh.

Mencegah Penuaan Dini
Anda bisa tampil lebih percaya diri dengan penampilan yang lebih muda dengan mengonsumsi mangga kasturi. Kandungan vitamin dan mineral di dalam buah ini akan mencegah tanda-tanda penuaan dini yang terlalu cepat.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *