Flora Dan Fauna Khas Jambi

Flora Dan Fauna Khas Jambi – Flora dan fauna khas Jambi merupakan flora dan fauna khusus yang ditetapkan menjadi identitas Provinsi Jambi. Berikut ini akan kita rangkum fauna dan flora yang merupakan khas Jambi , antara lain :

  • Fauna Khas Jambi :
    Image result for ciri ciri harimau sumatera
    Harimau Sumatera merupakan fauna khas provinsi Jambi. Harimau yang habitat aslinya di pulau Sumatera ini merupakan satu dari enam subspesies harimau yang masih bertahan hidup dengan status terancam punah.

    Ciri – ciri dari harimau Sumatera ini antara lain , memiliki warna paling gelap di antara semua subspesies harimau lainnya , pola hitamnya berukuran lebar dan jaraknya rapat. Panjang dari harimau sumatera ini rata – rata 92 inci dari kepala ke buntut atau 250 cm panjang dari kepala hingga kaki dengan berat 300 pound atau sekitar 140 kg , sedangkan tinggi dari jantan dewasa dapat mencapai 60cm untuk harimau jantan , sedangkan betina memiliki panjang 78 inci atau sekitar 198 cm dan berat 200 pound atau sekitar 91 kg.

    Harimau Sumatera ini hanya dapat ditemukan di pulau Sumatera. Kucing besar ini mampu hidup dimanapun , dari hutan dataran rendah sampai hutan pengunungan ,dan tinggal dibanyak tempat yang tak terlindungi. Hewan ini terancam habitat kehidupannya karena daerah hidup mereka terancam pembukaan lahan pertanian dan perkebunan komersial.

    Hewan ini masuk dalam daftar IUCN sebagai status CR atau terancam kepunahannya. Sedangkan di Indonesia hewan ini dilindungi dengan UU no 5 tahun 1990 pasal 21 poin (D) dengan bunyi bahwa setiap orang dilarang untuk memperniagakan , menyimpan dan memiliki , kulit tubuh atau bagian – bagian lain satwa yang dilindungi atau barang – barang yang dibuat dari bagian – bagian satwa tersebut atau mengeluarkan dari suatu tempat di Indonesia ke tempat lain di dalam atau diluar indonesia. Pelanggaran dari ketentuan ini dapat dikenakan sansksi pidana berupa hukuman penjara maksimal 5 tahun dan denda maksumum 100 juta.

  • Flora Khas Jambi :
    Image result for pinang merah
    Pinang Merah merupakan flora khas provinsi Jambi. Tanaman yang merupakan famili Arecaceae ini kerap ditanam sebagai tanaman hias. Tumbuhan yang dinamai Lipstick Palm , Scarlet Palm ,Sealing Wax Palm ,Red Palm , Sumatra Wax Palm dalam bahasa Inggris merupakan tumbuhan asli Indonesia yang secara lokal tersebat di Pulau Sumatera dan Kalimantan , juga di semenanjung Malaya (Malaysia dan Thailand selatan). Tumbuhan ini juga memiliki tinggi antara 6-14 meter.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *