hewan---fauna

Hewan (Fauna)

hewan---fauna

Hewan atau Fauna atau disebut juga dengan binatang merupakan kelompok organisme yang diklasifikasikan dalam kerajaan Animalia atau metazoa, dikenal sebagai salah satu dari aneka makhluk hidup di bumi. Sebutan lainnya dikenal sebagai fauna dan margasatwa (atau satwa saja).

Hewan dalam pengertian sistematika modern mencakup cuma kelompok bersel banyak (multiselular) dan terorganisasi dalam fungsi-fungsi yang berbeda (jaringan), sehingga kelompok ini disebut juga histozoa. Seluruh binatang heterotrof, artinya tak membuat energi sendiri, namun wajib mengambil dari lingkungan sekitarnya.

Etimologi

Dalam bahasa Inggris, “hewan” disebut animal, dari bahasa Latin yaitu “animalis”, yang berarti “memiliki nafas”. Dalam penggunaan nonformal sehari-hari, kata itu biasanya mengacu pada hewan bukan manusia. Kadang-kadang, kerabat tidak jauh manusia seperti mamalia dan vertebrata lainnya ditujukan dalam penggunaan nonformal. Definisi biologis dari kata itu mengacu pada seluruh anggota kingdom Animalia, meliputi makhluk yang bermacam-macam seperti spons, ubur-ubur, serangga dan manusia

Sifat – Karakter

Hewan mempunyai daya gerak, cepat tanggap terhadap rangsangan eksternal, tumbuh mencapai ukuran besar tertentu, memerlukan makanan bentuk kompleks dan jaringan tubuhnya lunak. Perbedaan tersebut berlaku secara umum, tentu saja ada kelainan-kelainannya. Setiap individu, baik pada hewan uniselular maupun pada hewan multiselular, adalah 1 unit. Hewan tersebut berorganisasi, berarti tiap bagian dari tubuhnya dikenal sebagai subordinat dari individu sebagai keseluruhan baik sebagai bagian suatu sel maupun semua sel. Inilah yang disebut konsep organismal, suatu konsep yang penting dalam biologi.

Ciri-Ciri Hewan Secara Umum

Hewan dikenal sebagai organisme eukariota, multiseluler, heterotrofik. Berbeda dengan nutrisi autotrofik pada tumbuhan, hewan memasukkan materi organik yang telah jadi, ke dalam tubuhnya dengan cara menelan (ingestion) atau memakan organisme lain, atau memakan materi organik yang terurai.

Sel-sel hewan tidak mempunyai dinding sel yang menyokong tubuh dengan kuat, seperti pada tumbuhan atau jamur. Komponen terbesar sel-sel hewan terdiri atas protein struktural kolagen.

Keunikan hewan yang lain dikenal sebagai adanya 2 jaringan yang bertanggung jawab atas penghantaran impuls dan pergerakan, yakni jaringan syaraf dan jaringan otot sehingga bisa bergerak secara aktif.

Sebagian besar hewan bereproduksi secara seksual, dengan tahapan diploid yang mendominasi siklus hidupnya.

Alat pernapasan pada hewan bermacam-macam tergantung pada lingkungan hidupnya, ada yang bernapas dengan paru-paru seperti kucing, insang pada ikan, kulit seperti cacing, trakea seperti serangga.

baca juga
Penyebaran Fauna di Indonesia

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

adadadadad