Flora yang Dilindungi di Indonesia Karena Terancam Punah – 3

Flora yang Dilindungi di Indonesia Karena Terancam Punah – Berikut ini dipaparkan beberapa tanaman di Indonesia yang sudah masuk dalam daftar Tanaman yang dilindungi akibat sudah banyak yang musnah, habitat aslinya rusak,  jumlahnya menurun, dan sudah terancam punah.

Pohon Tembesu

Flora-yang-Dilindungi-di-Indonesia-Karena-Terancam-Punah-TembesuPohon Tembesu berbeda dengan Trembesi. Kulit tembesu kasar dan keras. Kualitas dari tembesu sangat baik sebab itu sering dijadikan untuk kebutuhan mebel, rumahan bahkan tranportasi air tradisional. Seringnya ditebang secara membabibuta untuk mengambil batangnya, menjadikan Temebsu sebagai tanaman pohon kayu yang menuju kepunahan. Meski Tembesu masih bisa dijumpai di jawa, Sulawesi, Kalimantan dan Papua, namun pohon besar ini harus dilestarikian dan dibudidaya

Pohon Jeluntung

Flora-yang-Dilindungi-di-Indonesia-Karena-Terancam-Punah-JelutungPohon ini dulunya masih banyak ditemukan di Kalimantan, Sumatera dan semenanjung malaya. Namun sekarang ini Jeluntung mulai jarang ditemukan. Ekploitasi lahan dan penebangan liar menjadi dalang dari langkanya tanaman ini. Meski sudah dimasukkan dalam flora yang dlindungi dan disahkan melalui peraturan resmi, nyatanya perusakan tetap saja dilakukan. Jika tidak ada kesadaran dari masyarakat, maka 20 tahun dari sekarang, cucu kita tidak akan bisa melihat jeluntung lagi.

Pohon Eboni

Flora-yang-Dilindungi-di-Indonesia-Karena-Terancam-Punah-EboniPohon Eboni menjadi salah satu flora yang sudah di ambang kepunahan. Batangnya dijarah secara membabibuta, diperjual belikan secara ilegal, ditebang secara brutal, dibakar dengan rasa tak bersalah oleh manusia membuat tanaman kayu ini mengalami penurunan secara signifikan. Kayu hitam yang memiliki kepadatn yang sangat baik setta kualitas yang unggul membuat flora ini menjadi incaran para pencuri ulung dan kolektor

Pohon Ulin

Flora-yang-Dilindungi-di-Indonesia-Karena-Terancam-Punah-Pohon-UlinPohon Ulin ini disebut sebagai pohon terbesar di Indonesia. Diameternya mencapai 1.5 meter dan lingkar batang mencapai 8-10 meter, dengan tinggi mencapai 30-40 meter, memiliki akar yang sangart kuat. Flora ini memilki kayu yang snagat padat dan kuat, kualitasnya adalah nomor satu melebihi jenis pohon kayu lainnya. Kualitas itulah yang banyak dicari sehingga membuatnya masuk daftar flora yang nyaris hilang dari permukaan bumi.

Demikian bebrap jenis Flora yang Dilindungi di Indonesia Karena Terancam Punah, yang dipaparkan pada bagian 3.

baca juga :

bagian 1 Flora yang Dilindungi di Indonesia Karena Terancam Punah
bagian 2 Flora yang Dilindungi di Indonesia Karena Terancam Punah
bagian 3 Flora yang Dilindungi di Indonesia Karena Terancam Punah
bagian 4 Flora yang Dilindungi di Indonesia Karena Terancam Punah

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *